Populasi Ayam dan Peradaban

Hmmm, populasi ayam dan populasi manusia sebenernya lebih banyak mana sih tahun 2012? Pertanyaan yang sebelumnya sangat sederhana, muncul karena akhir-akhir ini gw kurang suka makan ayam. Kemudian jadi penasaran dan menelaahnya lebih lanjut.

Kenapa rasio perbandingan populasi ayam dan populasi manusia akan mempengaruhi masa depan. Terdapat beberapa kemungkinan.

Kemungkinan pertama: Populasi ayam lebih banyak dari manusia, kemungkinan terburuknya adalah AYAM AKAN MENGUASAI DUNIA.

Kemungkinan kedua: Populasi manusia lebih banyak dibandingkan ayam. Ayam bisa saja punah, dan anak cucu kita ga akan ngerasain enaknya ayam.

Kemungkinan ketiga, jumlah populasi Ayam lebih banyak dari manusia jomblo yang berumur 17 -35 dan siap kawin. Ini akan terjadi kawin silang.

Populasi ayam di Indonesia sendiri menurut departemen perhutanan, di Indonesia (2006 – 2010) sangat besar dan terus meningkat pertumbuhannya, itu di Indonesia. Itu hanya di Indonesia saja, belum di seluruh dunia.

Populasi Ayam di Indonesia

Populasi Ayam di Indonesia

 

Di seluruh dunia.

The number is actually closer to two and a half chickens per person, The current human population of the world is estimated to be more than 6.6 billion.. while the global chicken population was estimated in 2002 to be more than 15.8 billion

ITU TAHUN 2002! 10 TAHUN YANG LALU! Tahun 2002 gw lagi ngapain ya? Tapi itu ga penting, tentang ayam ini lebih penting. Menurut informasi dari @niwat0ri sebagai perwakilan ayam dan informasi di sini, Ayam sekitar 10 Milyar, dan manusia sekitar 6 Milyar. Kalo Ayam berevolusi dan manusia jadi semakin belegug, 1 manusia bisa melawan dua ayam. Belum telurnya.

Kenapa ayam bisa berevolusi? Masih ingat tentang suku maya, yang kalo dibalik jadi ayam? ITU! ITU POINT PENTING! Suku maya sendiri adalah sebuah suku yang pada zaman batu mencapai kejayaan di bidang teknologinya, Teknologi. Apa yang sedang manusia pada waktu sekarang terasa begitu penting. Masih ingat istri pertama Ahmad Dhani? Iya sama, Maia dan kalo dibalik jadi Aiam, tapi itu ga ada hubungannya.

Ada beberapa film tentang ayam. Seperti chicken run, chicken little. Mungkinkah itu adalah konspirasi dan ayamisasi? Tahukah kalian kalo di daerah pedalaman ada anak-anak yang punya cita-cita jadi ayam? kalo gw cita-citanya dulu jadi pohon sih. Tentang cita-cita, Anak ayam mau punya cita-cita jadi apapun udah gedenya pasti jadi ayam ya? kasian.

Manusia sendiri sudah didoktrin dari kecil untuk makan 4 sehat lima sempurna, diantaranya selalu diselipkan Ayam dalam lauk pauk. Pihak kepolisian dan Keagamaan pun telah dirasuki oleh faham ayam yang turun temurun, oleh sebab itu Adu Ayam dilarang. Itu untuk menjaga populasi ayam sendiri. Dan populasi ayam orang lain.

Saya harus klarifikasi, saya di pihak yang netral. Tidak membela manusia atau ayam. saya membela pohon #1Pohon1Pelukan

Tapi tidak sesederhana itu, semuanya menjadi rumit ketika ayam sendiri dijadikan komoditas oleh beberapa pengusaha. Banyaknya restoran-restoran dengan ayam sebagai menu utamanya menjadi salah satu faktor dari masa depan peradaban manusia. Di indonesia sendiri ayam disajikan dengan berbagai macam cara. Sate, pepes, bakar, goreng, peunyet. Dll, banyak macamnya.

Berapa banyak pedagang sate ayam, pecel ayam, dll? Departemen kesehatan menyembunyikan fakta ini, tidak punya kata mereka. Mungkin pura-pura,  itu baru di Indonesia, kalau melihat market secara luas.

Untuk pemisalan kita bisa lihat dengan banyaknya McD, KFC, Dll di seluruh dunia. “McDonald’s serving around 68 million customers daily in 119 countries”- wikipedia Kreatifnya manusia, bukan hanya setelah menjadi ayam, ketika masih dalam bentuk telur pun sudah dijadikan bahan makanan. Dan rasio perbandingan kematian ayam terpaut umur jauh lebih kecil dibandingkan kematiannya karena dijadikan makanan.

Mungkin, di sebuah planet ayam. Mereka tidak hanya mengkonsumsi manusia, tetapi janin kita dijadikan rainbow cake dan cilok.

Dari fakta-fakta tersebut yang sebagian adalah hasil obrolan sama pohon di depan kostan. Terdapat beberapa hal yang menarik. Melihat data historis dari yang tadi saya kemukakan, laju pertumbuhan populasi ayam akan terus meningkat. Populasi manusiapun semakin bertambah banyak. Seharusnya ini wajar. Semestinya ini seimbang. .. atau tidak.

Yang jadi masalah adalah. Hakikat manusia dan keinginannya mengkonsumsi ayam. Ini belum bisa diprediksikan oleh ahli nujum setempat. Semakin banyaknya jumlah manusia yang memilih untuk menjadi vegetarian, banyaknya waralaba-waralaba Friend Chicken gadungan baru.

Kemungkinan yang bisa terjadi dari semua data dan informasi tersebut adalah dua hal yang sama-sama buruk. Oke, tadi tiga sekarang jadi dua. Karena kemungkinan ketiga dihapuskan, kawin silang antara ayam dan manusia ternyata tidak memungkinkan.

1. Seandainya populasi ayam jauh lebih banyak dari manusia, manusia akan dijajah oleh ayam. dan planet bumi akan dikuasai mereka.

2. Sebaliknya, Ayam bisa punah. Anak cucu kita kelak tidak bisa lagi makan ayam goreng dan semua proteinnya.

Apa yang akan kita lakukan untuk hal ini? Jangan sampai hanya karena masalah sepele seperti pemerintahan dan pacaran membuat kalian mengabaikan hal ini.

ini tulisan saya yang kedua tentang ayam, sebelumnya bisa dibaca di Ayam Laut. Ayam yang hidupnya di laut. Dan ini gambar dari ayam laut.

Terima kasih. Salam pohon!

14 comments

add comment
Ari (2 years ago)

serius pisan… tl;dr

hahn (2 years ago)

jiss tulisan paling rieut nu pernah dibaca di blog ieu
:)))

mizan (2 years ago)

Dan kenapa aku baca sampai habis ya? *ngemil chicken wing*

niwat0ri (2 years ago)

Us, cageur Us? O_O

abdaans (2 years ago)

Quote favorit: ” Kalo Ayam berevolusi dan manusia jadi semakin belegug, 1 manusia bisa melawan dua ayam. Belum telurnya.”

Pingback: Ayam dan Telor | Daus Gonia

hardimulya (2 years ago)

wew.. urang miara ayam di rumah us.. ta urang nu dipiara ayam sih? -__-

Jaka (2 years ago)

Ini keren, tapi apabanget hahahahaha.

@fireman_fire (2 years ago)

1 Kata: “MENGERIKAN”
Liat aja lewat mana tuh ayam kalo pulang –”

Elnino (2 years ago)

Menurut saya, sebagai pecinta makanan (karena manusia tidak bisa makan tanpa makanan) hal ini sangat masuk akal. Pokoknya saya cuma bisa salut dan bertepuk tangan.

Popi (2 years ago)

Us naha ari data tentang ayam dari Departemen Perhutanan?lain ti Peternakan, jeung da lain asana mah teu aya departemen Perhutanan aya ge Kehutanan *cerewet siah Pop*

dimsoer (2 years ago)

sebelumnya, salam hangat hangat kuku dari saya.
mas daus yang budiman selalu, saya jadi terfikir bagaimana bila seandainya ada susu ayam. eksploitasi ayam akan semakin merajalela. dagingnya dimakan, telurnya direbus, eeknya dijadikan pupuk, suaranya dijadikan alarm, susunya diperah dan banyak lagi.
tapi lebih-lebih eksploitasi, saya lebih tertarik dengan penderitaan ibu ayam yang menangis kesakitan karena susunya dipatok anak ayam.
lantas bagaimana pula kalau ayam menghasilkan madu?

sekian dari saya, terima kasih dan salam sehat selalu.
-dari dimsur yang menyadari betapa pentingnya minum madu-

dimsoer (2 years ago)

Resep membuat nasi rawon.

BAHAN :
200 gr nasi (disesuaikan dengan selera)
1 butir telur asin
Kerupuk Uyel / Kerupuk Putih
300 gr daging pilih yang agak berlemak
tauge pendek warna putih yang masih muda
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
1 batang serai dimemarkan
2 cm lengkuas atau laos yang dimemarkan
garam dan merica secukupnya
6 gelas air bersih

BUMBU :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
5 buah kluwek, diambil isinya
2 buah cabai merah

CARA MEMBUAT NASI RAWON KOMPLIT :
Potong – potong daging sapi menjadi kotak-kotak kecil.
Panaskan 2 sendok makan minyak dan tumis bumbu yang dihaluskan bersama serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk.
Tambahkan garam dan merica secukupnya.
Panaskan enam gelas air dalam sebuah panci masukkan bumbu yang telah ditumis, masukkan daging dan rebus hingga masak atau daging cukup empuk.
Apabila air berkurang, tambahkan sesuai selera.
Hidangkan bersama nasi putih panas/hangat, tambahkan terlur asin dan taburi tauge/toge dan bawang goreng. Jangan lupa kerupuk uyel nya dan Sambal Setan nya. Jika ingin membuat Nasi Rawon Setan sambal nya buat yang pedas.

TIPS & TRICKS :
Cara makan Nasi Rawon ini boleh dicampur langsung di satu piring seperti terlihat di gambar atas atau dipisah antara Nasi Putih dan Sup Daging Rawon nya.
Khusus Toge (Tauge) yang dipakai adalah Toge Jenis Kacang Hijau berukuran kecil dapat di beli di Super Market jika ingin mendapatkan yang segar dan pilihan, meskipun di pasar tradisional juga ada tapi biasanya kurang segar.

salam sayang,
dimsur di loteng

etyn (2 years ago)

Friend Chicken apa kang? Teman2 Ayam? Berteman dengan ayam? Fried Chicken bukan.. -.-”

Leave Comment