Cliché

Posted by dausgonia | October 2, 2014 | Blog, Kata, Uncategorized

“Menjadikan dunia menjadi tempat hidup yang lebih baik.”

Kalimat yang klise dan kadang malesin sih. Tapi buat saya pribadi kalimat di atas adalah kalimat yang asik, mendengarnya saja menyenangkan, bukan?

Jauh sebelum sekarang, saya masih sering berkeinginan untuk menyelamatkan dunia, dan menjadikan dunia yang saya tinggali ini menjadi tempat hidup yang lebih baik. Mungkin karena terlalu banyak baca komik dan nonton Satria Baja Hitam, meskipun seringnya tanpa tahu harus dengan cara bagaimana.

Sampai pada suatu waktu saya sendiri punya pertanyaan-pertanyaan yang sedikit menggelitik benak; “Menyelamatkan dunia dari apa?”, “Emang kehidupan sekarang kurang baik?”, “Kurang baik menurut siapa? Orang lain atau diri saya sendiri?”

Tapi satu hal, being adult sucks. Semakin dewasa semakin banyak ketakutan yang kita rasakan. Semakin banyak menghabiskan waktu buat mikirin sesuatu daripada melakukan sesuatu. Lebih banyak merencanakan masa depannya daripada menikmati masa-masa sekarangnya.

Balik lagi ke pertanyaan sebelumnya, “Mau bikin dunia ini menjadi lebih baik? Lebih baik buat siapa? Buat orang lain atau diri sendiri?”

Mungkin baru sekarang saya bisa jawab, —meski jawabannya belum tentu benar dan meski juga konsep benar-salah adalah sesuatu yang overrated—ya saya mau bikin dunia ini menjadi tempat hidup yang lebih baik, setidaknya untuk saya sendiri. Maaf egois, tapi saya memang ingin jadi orang yang mudah bahagia 🙂

Dengan cara apa? Dengan cara yang hebat kayak bikin teknologi pengobatan yang bisa nyembuhin segala penyakit mungkin enggak, pun belum dengan menciptakan mesin pendeteksi bau. Ya pengen sih, tapi kayaknya sampai saat ini karena satu dan lain hal, cara-cara itu belum bisa saya lakukan. Belum.

Dan karena memikirkan dan melakukan suatu hal itu sama-sama melelahkan, untuk sekarang saya cuma pengen menjalani apa yang bisa saya lakukan sesuai kapabilitas dan kemampuan saya sendiri. By being nice to my family, my friends, and to every single person I interact with. Serta berusaha untuk benar-benar mengenal banyak orang. Mulai dari keluarga sendiri dan orang-orang yang paling dekat dengan saya.

Happiness is contagious. Ya, saya masih sangat percaya kalau kebahagiaan itu menular, termasuk juga rasa bete. Jadi kalau kita bisa berbuat baik dan menyenangkan ke salah satu keluarga atau teman kita, maka kemungkinan besar mereka juga akan berbuat baik dan menyenangkan ke orang lain lagi, dan orang lainnya pun begitu seterusnya.

Atau mungkin juga sesederhana mengetahui passion orang lain itu apa, dan dengan senang hati membantu mereka menjalani kehidupan sesuai dengan passion mereka, sekecil apapun bantuan yang bisa kita berikan 😀

Klise, tapi ya kalaupun dunia tidak menjadi tempat hidup yang lebih baik, setidaknya kita tetap bersenang-senang dan menjaga perasaan orang lain.

Karena hidup, di dunia manapun kita jalani, adalah tentang bersenang-senang dan menjaga perasaan orang lain 😀

Add a comment

*Please complete all fields correctly