#Brikpiknik 1 Kota, 2 Kata, 5 kita

Posted by dausgonia | October 2, 2015 | Blog, Uncategorized

Sudah kali ke berapa saya lupa, Deddy Avianto yang lebih dikenal sebagai omDed atau idberry mengajak saya untuk piknik, sayangnya om Ded selalu mengajak piknik ketika weekend, selain bagi saya weekend sangat mewah karena biasanya lebih memilih bareng sama keluarga tapi juga beberapa kali ajakan om ded waktunya kurang tepat dan dengan berat hati (entah berapa ton, beurat pokoknamah) selalu saya tolak..

sampai pada suatu sore yang sedang biasa aja om ded kembali menghubungi dengan sabarnya..

Screen Shot 2015-10-03 at 10.10.13 PM

 

Akhirnya saya yang sebelumnya di #brikpiknik selalu jadi murid rimot karena tidak pernah bisa ikut, menjadi murid yang sesungguhnya, dan jadi ketua pula. Ketika itu, saya ga tau tugas ketua apaan sih, tapi jabatannya terasa aduh.

Kebingungan pertama saya adalah ketika harus memilih anggota,  3 dari 15 orang semua peserta kelas C. dari 15 orang itu ada yang sudah saya kenal, saya pernah denger namanya, dan ada juga wajah-wajah baru yang saya tidak kenal.

Untuk saya kehidupan itu sedikit banyak seperti maen game, kita harus tau apa yang kita mau dan apa yang akan kita lakukan. Saya memiliki target dari beberapa tahun kebelakang.. yaitu berkunjung ke 1 kota baru setiap bulannya, dan 1 negara baru setiap tahunnya. Oleh karena itu saya sering bepergian (atau istilahnya piknik) dan karena saya biasanya weekend ga bisa, saya seringnya bepergian ketika weekday dan itu menyebabkan pada  akhirnya pikniknya harus sendirian.

Buat saya itu menyenangkan, karena dengan pergi sendirian, kita punya kesempatan untuk ketemu orang-orang baru di lokasi tujuan, berkenalan dan akhirnya menjadi teman bahkan sahabat.

Jadi saat harus memilih 3 dari 15 orang anggota, sudah pasti saya memilih orang-orang yang sebelumnya saya tidak kenal. Terpilihlah Om Burhan Abe (Chief editor), Bulan Anisa (Penyiar Radio), Kak Sabainya (ditulis sabaiX, mungkin terinspirasi dari motor supra X, tapi nama aslinya adalah Swastika Nohara) (Script Writer film-film ternama).

Setiap kelompok di brikpiknik terdiri dari 5 orang, termasuk saya dan ke-3 orang itu berarti ada 1 orang lagi, dan itu dipilih oleh panitia brikpiknik. Visca Anastashia, wanita yang sebelumnya saya kenal di twitter tapi belum pernah ketemu akhirnya jadi anggota terakhir.

CPEbGpvUkAAQXRB

 

Ya walaupun ada kemungkinan sebenernya saya udah tau kalo visca yang akan dipilih karena beberapa hari sebelumnya saya bilang sakit dan harus bedrest ke panitia, dan ini menyebabkan di alam bawah sadar para panitia terpaksa memasukkanvisca yang dokter ke kelompok saya :)))  *ini bohong*.

Dengan nama kelompok #BAPER, akhirnya kita berlima resmi jadi murid kelas C.  Asalnya nama kelompoknya mau Nukman atau Cecep (dua nama ketua kelompok lain), jadi kalo misalnya regu kita yang menang, nama-nama tersebut akan tetap dipanggil, tapi ga boleh sama panitia :))))

Waktu berlalu, ayam berkokok seperti biasanya  karena kalopun engga mungkin ayamnya lagi bete, Akhirnya Brikpiknik kelas C dimulai, semua orang berangkat dari kota-nya masing-masing dengan menggunakan pesawat dan bukan berenang.

Sesampainya di Bali, akhirnya saya ketemu 4 orang yang lain, dan ya.. mereka menyenangkan. 5 orang dengan latar belakang, jenis sarapan, jumlah mantan, dan profesi berbeda dijadikan satu buah regu, ya #Baper; Bawa Perasaan, bawa perusahaan, bawa perempuan, bawa koper, atau bawa baper. Terserah.

IMG-20151003-WA0041

 

Tujuan pertama kita adalah ke GWK (Gelora wung karno), sebuah tempat di bali buat saya adalah tempat yang ga jadi-jadi, karena patungnya ga beres-beres. Tetapi sebelum itu kita diharuskan dulu makan siang, agar kuat mengarungi kehidupan (HIDUP KOK DIKARUNGIN).

Ketika makan siang, akhirnya kita berlima diskusi tentang apa yang akan kita lakukan, dan baru jelaslah di saat itu dari ibu Jubir kalo misalnya kita selama piknik diharuskan untuk membuat konten setiap regu, apapun, tetapi disarankan adalah video.

Karyanya akan dilombakan dengan regu lain yaitu Regu Rela dan Regu Sepik. Kita berlima mulai mengkonsepkan beberapa ide, karena ada 5 kepala, ide kita banyak yang brilian, bahkan terlalu brilian sampai pada akhirnya.. “INI GA MUNGKIN KITA KERJAIN SELAMA 2 HARI??”.

[divider]

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=Pe47rhHovfk&w=480]

 

Dan persoalan mulai di sini. Kita mulai melihat dua kelompok lain, di masing-masing kelompok  lain dilengkapi dengan kamera-kamera dan alat-alat yang wow dengan sibuknya mereka mulai berkarya, dan dengan sibuknya juga kita lalu kaget dan mempertanyakan “LAH DI TIM KITA SIAPA YANG BIKIN VIDEONYA, MANA KAMERANYA”..

Kemudian sejenak kita diam, mbak Tika masih mengunyah makanannya dan Visca hampir saja memanjat pohon di dekat meja kami entah mau ngapain, hanya dia dan pohon tersebut yang tau.

Dengan sedikit pesimis dan ragu karena perkara tools dan ga punya videographer, sebagai ketua saya harus tetap membuat semua anggota regu tenang, dan beberapa solusi mulai bermunculan. Mulai dari hal “Kalo kita ga bisa bikin konten yang bagus, salah satu caranya adalah bagaimana caranya kelompok lain ga bisa bikin konten yang bagus juga”, Mengajak kelompok Rela untuk bekerja sama dan hadiahnya kita bagi 10,  Videographer di kelompok lain kita kasih obat tidur atau obat pencuci perut, sampai hal-hal licik lainnya.

Seharian kita selalu bersama, seirama.. Mulai dari GWK, pandawa beach sampai pantai balangan untuk melihat sunset. Kita sepakat, apapun yang akan kita lakukan dan apa yang akan kita buat dan entah jadi seperti apa jadinya, kita harus tetap bersenang-senang dan beriringan jangan sampai tercerai berai.

Kalaupun nanti tidak membuat karya atau video, setidaknya ada bentuk karya yang lain di benak kita masing-masing yang akan terus ada; kenangan yang indah dan menyenangkan :’)

DSC_1868

 

 

DSC_0095

 

Sore menjelang, dan Pantai Balangan tampaknya sangat piawai menyuguhkan kita keindahan semesta lewat senja. Laut, bumi, langit, matahari yang terlihat buru-buru pergi, dan teman-teman yang menyenangkan.. Buat saya itu mewah.

Kemewahan tersebut yang akhirnya membuat saya ingat, kalo hari ini regu kita terutama saya lebih sibuk untuk menyusun strategi daripada ngebuat kontennya sendiri, kesederhanaan bebatuan di pantai dan langit yang sepertinya sengaja semakin menggelap membuat saya sadar kalo membuat konten video yang hebat tidak harus dengan alat-alat yang paling bagus.

DSC_0124

Dimulai dari obrolan ringan, saya mulai mendekati regu siluman (mereka menyebunya regu piket, panitia yang terdiri dari murid-murid sebelumnya). Mungkin karena mewahnya senja tadi, regu siluman tanpa sadar akhirnya memberikan informasi tentang pemenang-pemenang di kelas-kelas sebelumnya “Us, ga perlu kualitas video yang bagus kok. Yang penting ada alur cerita, lucu, dan menghibur”.

Obrolan dengan regu siluman itu akhirnya membuat kita regu baper memutuskan untuk membuat konsep sederhana malamnya dan mulai memproduksi konten video besoknya dengan menggunakan hanya Mobile phone.

Dilanjutkan makan malam, dari ide sederhana saya diolah dengan sangat brilian oleh kak tika dan yang lain sampai jadi beberapa scene yang harus kita rekam besoknya. Hari pertama brikpiknik berakhir dengan masing-masing kembali ke kamar hotel.. dan sebuah pesan untuk om Abe untuk memberi obat tidur atau obat pencahar kepada Goenrock yang kebetulan sekamar agar dia lelah dan tidak fit esoknya. Tapi gagal :))))

Esoknya. Hari ke-2, di Benoa Marine Recreation (BMR), kita berlima menyisihkan waktu tidak lebih dari 1 jam untuk mulai merekam beberapa adegan yang telah kita susun. Ya tentu dengan menggunakan hanya kamera HP.

Setelah semua rekaman ada, persoalan baru mulai muncul… “EH INI NGEDITNYA GIMANA? ADA YANG BISA EDIT VIDEO?”  pertanyaan tersebut hanya ditanggapi oleh suara ombak yang jauh terdengar lebih keras dari suara hati kita masing-masing dan penjaga di sana juga Cecep yang entah lagi ngapain.

DSC_0063

 

Kenapa ada Cecep? Karena dia saya culik untuk setelahnya menikmati semua wahana yang ada di BMR. Tempat yang menyenangkan, hampir semua wahana saya coba.. termasuk toilet umumnya (untuk yang ini cecep ga ikut).

Masih di hari itu, sekitar jam 11 akhirnya saya mencoba mencari Video editor yang bisa diinstall di HP, setelah beberapa aplikasi akhirnya ditemukanlah VivaVideo Pro. Ditemukannya aplikasi itu bebarengan dengan kelompok Rela menemukan kembali ketuanya, Cecep. Saya mulai belajar memakai aplikasi itu sambil duduk-duduk,nafas dan tentu mencoba wahana lain lagi.

Setelah dari BMR, kita kembali ke Hotel.. mulai memproduksi narasi sekitar pukul 14:00  dan tiap kelompok masing-masing harus presentasi karyanya di jam 15:30, kita hanya punya waktu sekitar segitu untuk merekam narasi, menyusun semua video.

Persoalan baru muncul ketika hampir pukul 15:00, bumper intro belum di download, tapi dengan koneksi internet yang memukau dari indosat permasalahan tersebut teratasi.

Beberapa menit sebelum presentasi, si dokter sengklek Visca tiba-tiba nanya “Us, udah nyiapin pidato kemenangan?”.. dan dengan sangat yakin saya jawab “Nyiapin entar ngomong apaan aja gw ga tau anjir.. tapi tenang vis, semesta punya caranya sendiri untuk membuat kejutan. Kalo menang, lo aja yang pidato”.

Presentasi pun dimulai, dari Indosat menuturkan beberapa program mereka yang menurut saya brilian, tentang twitbuy dan tentang komunitas yang indosat mediasi dan dukung.

DSC_1899

 

Menurut saya, Indosat cerdas dengan mengadakan Acara Brikpiknik ini, karena brikpiknik engga cuma ajang rekreasi, murid-muridnya secara tidak sadar ataupun sadar membuat konten-konten yang bagus.

Setelah indosat, barulah satu persatu regu tampil menyajikan karyanya. Saya sudah menyiapkan beberapa tarian kalo misalnya ketika di depan saya ga tau harus ngomong apa..

Tapi semuanya baik-baik saja. Smooth.. sampai pada saat pengumuman pemenang dan GA NYANGKA KITA JUARA KE 2 DONG!!!

brikpiknik.in, Aulia, shinyoshining, Bernadus, Leni Fadhilah, @goenrock ??, legotimeID.tumblr.com, Deddy and Kutu at Warung Taman Bali

 

Video kita yang sangat-sangat sederhana dengan waktu pembuatan yang sangat-sangat singkat dengan video editor di hp dengan waktu belajar sangat-sangat kurang ajar.. Silakan ditonton deh :’)

[divider]

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=R45caP-opOM&w=480]

Apa pesan dari video ini? Pesannya adalah tidak semua video harus ada pesannya :))))

Juara ke-2 ini pula yang menjadi sebab saya terpaksa harus dapet Xiaomi redmi2 dari indosat dan brikpiknik. TERPAKSA!! Karena tanpa hadiah ini pun telah banyak yang saya dapatkan. Teman, pengalaman, ilmu baru, dan hal-hal lainnya.

Saya bukan pertama kali berurusan dengan content video, tapi biasanya cuma bisa nyuruh partner saya dan terima jadi kadang dengan sedikit tega dan deadline yang keparat. Setelah ini, dan merasakan bagaimana mengedit video.. Saya janji akan baik sama partner saya tersebut :((((

Sesudah acara selesai, kita semua kembali ke hotel.. Dilanjut dengan acara bebas katanya, tapi karena kondisi saya masih belum sehat, saya memutuskan untuk minum obat dan ketiduran di hotel. Esoknya saya hanya mendapat kabar perihal Afterparty yang katanya seru, sayang sekali tidak bisa ikut :’)

Hari ke 3, keriaan berlanjut.. Apa yang membuat saya senang dan bahagia setelahnya? Hari itu selain saya setiap ketemu orang baru ngajak kenalan ulang dan dengan sombongnya “Saya Daus Gonia, Videographer” tapi ternyata banyak yang jadi penasaran tentang bagaimana caranya ngedit video di HP, banyak yang terinspirasi untuk berkarya dan ingin membuat video.

Itu jauh lebih dari cukup, itu membahagiakan.

Dan setelah itu ada beberapa kolaborasi iseng dengan teman-teman bahkan dengan grup lain.

Kolaborasi Regu Sepik dan Baper ( video @goenrock, editing @dausgonia)

[divider]

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=pJEet5BiB1Y&w=480]

Kolaborasi cecep dengan dirinya sendiri (ini saya cuma jadi model aja sih tapi keren anjir!!)

Screen Shot 2015-10-04 at 3.53.17 AM
Hasil iseng lain setelah acara selesai Kolaborasi saya dengan saya sendiri

Screen Shot 2015-10-04 at 3.53.28 AM

Sebagai yang sebelumnya murid kelas rimot ini adalah tulisan kedua saya tentang #brikpiknik. Tulisan pertama bahkan saya tulis sebelum saya ikut acara ini, bisa dibaca di link ini.

Saya pikir, ga bisa move on dari brikpiknik itu mitos. Dan sesudah memasuki waktu-waktu setelah brikpiknik, ternyata brikpiknik bukan cuma bikin ga bisa move on… Tapi #baper juga.

Terimakasih brikpiknik, ini bukan cuma sekadar piknik, ini pengalaman spiritual :)))

 

Blog Comments

Ada video kisah cinta gue sama bu dokter. :’)

Wah asyiknya bisa piknik. Saya kok ndak ada yang ngajak ya? *eh

Add a comment

*Please complete all fields correctly